6 Kriteria Toko Online Terpercaya

Banyaknya toko berbasis online sering membuat kita ragu dan bingung, apakah toko-toko tersebut bisa dipercaya. Sebab, tidak sedikit kasus penipuan yang menjadikan online shop sebagai tempat untuk melakukan tindakan kriminal tersebut. Hal ini bisa karena cara buka toko online tidak sulit. Hanya tinggal gunakan gadget dan jaringan internet.

Masalah penipuan ini menciptakan penilaian negatif terhadap dunia bisnis online. Agar toko Anda bisa sukses dan dipercaya oleh calon pelanggan, serta pelanggan setia, pahamilah apa saja kriteria umum untuk toko online terpercaya di bawah ini.


Kriteria Toko Online Terpercaya 

Tidak hanya terpatok pengikut atau pun kualitas foto produk, ada banyak kriteria yang juga menjadi ciri bahwa toko tersebut terpercaya, di antaranya:

1. Tidak Ada Masalah pada Nomor Rekening

Para pelanggan sekarang sangat mudah mengecek apakah nomor rekening tujuan tidak pernah bermasalah. Pengecekan ini bisa dilakukan dengan memakai situs dan aplikasi khusus. Tetapi tentu saja, bila di situs ataupun aplikasi nomor rekening tidak terdaftar sebagai nomor bermasalah, biasanya bisa dicek lebih rinci dengan menghubungi bank terkait. Tidak semua pelanggan yang terkena penipuan mau membuat laporan.

2. Rekening Bank yang Digunakan Jelas dan Merupakan Bank Nasional

Kriteria kedua ialah mengenai bank rekening yang digunakan. Pastikan bank tersebut aman, terkenal, dan tergolong bank nasional. Anda bisa mencurigai sama nomor rekening karena bank tujuan tidak familiar.

Sebagian besar rata toko online akan menggunakan rekening bank nasional diantaranya BCA, Mandiri, BNI, dan banyak lagi. Harap lebih berhati-hati bila pihak penjual minta transaksi dengan membayar melalui akun khusus yang mengandalkan virtual account.

3. Terdapat Banyak Review dari Pelanggan

Berikutnya, toko terpercaya biasanya memiliki banyak ulasan seputar produk dan pelayanannya. Apalagi bila toko dikenal memiliki layanan yang baik, penilaian dari pelanggan pun positif.

Contohnya saja kita sebagai pelanggan. Ingin rasanya membantu penjual terpercaya untuk bisa lebih berkembang, maka kita memberi ulasan bagus. Anda pun bisa memperhatikan ulasan-ulasan itu. Baik ulasan tentang produk, layanan, hingga penggunaan jasa antar.

4. Pelanggan Tidak Sedikit

Kriteria lainnya ialah seputar jumlah pelanggan. Toko yang sudah lama berdiri dan melakukan banyak transaksi umumnya memiliki pelanggan yang tidak sedikit. Online shop yang terpercaya bahkan memiliki banyak pelanggan tetap. Namun tetap saja, jumlah pelanggan yang tertera tidak bisa jadi jaminan, begitu juga sebaliknya. Toko yang memiliki pelanggan sedikit bukan berarti tidak terpercaya.

5. Harga Produk Masuk Akal

Tertarik karena harga produk yang dijual murah? Jauh dari standar pasar? Lebih baik kebiasaan ini dikurangi. Sebab harga yang terlampau rendah, maupun tinggi menjadi tanda toko tersebut tidak bisa dipercaya. Harga harus tetap masuk akal meski terasa murah. Anda bisa lihat contoh sederhananya di berbagai e-commerce, ada saja yang berjualan dengan harga rendah dan terlalu tinggi, disertai penawaran aneh. 

6. Perhatikan Hal-Hal yang Rasanya Janggal

Lebih teliti, membedakan toko terpercaya atau tidak dengan memerhatikan apakah ada yang janggal atau tidak. Seperti pihak toko tidak bisa menjelaskan secara rinci pada pelanggan. Kemudian bisa dengan bertanya ini itu, tetapi diberi jawaban yang jauh dari konteks atau terkesan ingin cepat-cepat, atau bahkan memaksa.

Cara buka toko online kini semakin praktis, namun pastikan Anda juga berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik. Dengan begitu akan tumbuh kepercayaan dari konsumen terhadap toko Anda.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label