Dari Laboratorium sampai Industri Tambang, Ini 7 Aplikasi Penggunaan Pompa Vakum

Pernah mendengar nama pompa vakum atau vacuum pump? Mungkin Anda lebih familiar dengan istilah vacuum cleaner daripada vacuum pump. Jika vacuum cleaner sering digunakan untuk menyedot debu, vacuum pump digunakan untuk menyedot molekul gas dari suatu ruangan, baik ruangan yang kecil maupun ruangan yang besar. Tidak heran jika pompa vakum digunakan untuk banyak hal. Salah satunya pompa vakum laboratorium yang digunakan untuk menyedot molekul gas dari tempat ini.


Sejak ditemukan pada tahun 1654 oleh Guericke, pompa vakum menjadi salah satu komponen yang wajib ada di beberapa jenis industri. Ini sesuai dengan fungsi dari pompa vakum itu sendiri, yaitu untuk menarik molekul gas yang ada di ruangan hingga mencapai titik vakum. Dalam hal ini, molekul gas yang disedot adalah molekul gas yang berpotensi berbahaya.

Sebenarnya, vacuum pump tidak hanya digunakan untuk ruangan laboratorium saja. Pompa vakum ini juga bisa diaplikasikan di berbagai ruangan. Berikut ini adalah aplikasi vacuum pump di berbagai jenis industri. 

1. Laboratorium kimia

Laboratorium kimia penuh dengan zat cair, mulai dari yang tidak berbahaya sampai zat cair yang bisa menimbulkan kerusakan permanen. Ketika mencapai titik didih tertentu, zat cair yang berbahaya bisa menghasilkan gas yang sama berbahayanya. Oleh karena itu, dibutuhkan pompa vakum laboratorium untuk menyedot molekul gas berbahaya dari dalam ruangan lab.

2. Farmasi

Industri farmasi juga membutuhkan kehadiran pompa vakum untuk menyedot molekul gas berbahaya dari dalam laboratorium farmasi.

3. Industri makanan dan minuman

Penggunaan vacuum pump untuk industri makanan dan minuman tentu berbeda dengan laboratorium. Jika pompa vakum laboratorium digunakan untuk menyedot molekul gas berbahaya dari suatu ruangan, pompa vakum untuk industri F&B digunakan untuk membuat kemasan menjadi kedap udara. Dengan demikian, makanan yang ada dalam kemasan tersebut lebih awet dan lebih renyah daripada makanan atau minuman yang tidak divakum.

4. Industri biokimia

Industri biokimia merupakan industri yang berkaitan dengan senyawa kimia yang ada pada makhluk hidup, misalnya protein, enzim, karbohidrat, hingga kode genetik dan sintesis protein. Industri ini memerlukan komponen pompa vakum untuk menjalankan kegiatan industrinya. 

5. Industri tambang

Yang dimaksud bukan lahan tambang terbuka, melainkan pabrik pengolah bahan tambang yang membutuhkan pompa vakum, misalnya pabrik pengolah biji besi dan pabrik pengolah batu bara cair.

6. Rumah sakit

Salah satu tempat populer yang juga menggunakan pompa vakum adalah rumah sakit. Mungkin tidak semua ruangan di rumah sakit menggunakan pompa vakum ini. Hanya di ruangan-ruangan tertentu dengan kandungan molekul gas berbahaya yang tinggi yang menggunakan pompa vakum ini. 

7. Laboratorium penelitian pemerintah

Yang terakhir adalah laboratorium penelitian pemerintah, terutama laboratorium penelitian yang berkaitan dengan gas kimia berbahaya. Pompa vakum wajib ada di laboratorium tersebut untuk menyedot berbagai molekul gas berbahaya yang ada di dalam ruangan.

Nah, itulah 7 aplikasi penggunaan pompa vakum. Pompa vakum laboratorium digunakan untuk menyedot molekul gas berbahaya dari dalam ruangan. Pastikan Anda memilih vacuum pump yang komponennya tahan terhadap gas dan uap kimia. Hal ini akan membuat vacuum pump lebih awet, tahan lama, dan tidak mudah rusak. Untuk industri makanan dan minuman, Anda perlu menyesuaikan lagi jenis vacuum pump yang Anda pilih karena tujuan pemakaiannya berbeda.

Jika ada komponen vacuum pump yang rusak, jangan dibiarkan begitu saja. Segera perbaiki atau ganti komponen dengan spare part vacuum pump yang baru. Dengan demikian, pompa vakum bisa digunakan kembali dengan kinerja yang optimal.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label