3 Macam Bahaya Atap dari Asbes Kala Rusak

Rumah merupakan tempat berlindung yang paling utama dan pertama dalam sebuah keluarga. Selain itu, rumah adalah tempat kita berkumpul dan tempat kita pulang setelah lelah beraktivitas seharian. Namun bagaimana jika rumah yang seharusnya melindungi malah tidak aman lantaran atapnya rusak? Yuk, simak ulasan tentang bahayanya atap dari asbes kala rusak hingga harus segera dilakukan perbaikan atap.



Macam Bahaya Atap Asbes yang Rusak

Dunia properti semakin berkembang sementara permintaan akan tingkat hunian murah pun semakin banyak. Di zaman sekarang, membeli rumah tidak perlu harus mengeluarkan uang hingga ratusan juta rupiah. Di daerah pinggiran, rumah dengan harga puluhan juta bisa Anda dapatkan. Namun tentu, di balik harga yang murah terdapat bahaya kesehatan yang mengancam. Salah satunya dari penggunaan asbes.

Sebenarnya, asbes tidak masalah jika digunakan untuk atap. Malah, asbes memberi banyak keuntungan dalam proses pembangunan sebuah rumah, mulai dari harganya murah, barangnya yang mudah didapat, hingga cepatnya proses pemasangan. Namun di kala atap asbes mengalami kerusakan, di kala itulah bahaya mengancam keluarga Anda. Nah kira-kira apa saja bahayanya hingga Anda harus segera melakukan perbaikan atap jika asbes rusak?

1. Serat Asbes Dapat Terbawa Udara

Asbes memang memiliki segudang keunggulan. Sebut saja tahan panas, tahan dari hempasan berbagai cuaca, tahan retak, juga tahan bocor. Untuk itulah penggunaannya sebagai atap sangat marak di bangunan semi permanen. Namun tahukah Anda jika ternyata asbes dapat menyebabkan terganggunya organ pernapasan jika rusak dan tidak segera ditangani?

Ya, hal ini terjadi lantaran asbes memiliki material-material lembut berupa mineral silica. Saking halus dan lembutnya, material ini dapat bertebaran di udara kala asbes sudah mulai rusak dan perlu diganti. Jika mineral silica ini terhirup oleh Anda, tentunya dalam jangka panjang Anda bisa mengalami masalah kesehatan serius.

2. Bahaya Jika Masuk Tubuh Melalui Inhalasi

Masih terkait mineral silica, rupanya berbagai resiko kanker pun bisa disebabkan dari material ini. Mineral silica yang bertebaran apabila terhirup dengan inhalasi hingga paru-paru dan bersarang di dalamnya dapat menimbulkan asbestosis, mesothelioma, hingga kanker paru-paru. 

Oleh karena itu, segera perbaikilah atap asbes Anda yang mengalami kerusakan agar seratnya tidak berterbangan dan membahayakan kesehatan keluarga.

3. Bisa Terkena Paparan Cuaca

Dilihat dari sisi biaya, asbes memang yang paling murah jika dibandingkan dengan bahan atap lainnya, sebut saja beton, seng, atau tanah liat. Dari sisi pemasangan pun, asbes dinilai jauh lebih cepat dan lebih ringan tenaga yang dibutuhkannya. Tentu hal ini lebih menghemat waktu jika dibandingkan dengan genteng yang harus dipasangi satu demi satu.

Namun rupanya, segala keunggulan asbes juga bisa terkalahkan oleh cuaca jika atap ini rusak. Meski kuat, nyatanya asbes yang bocor juga lebih dirasa mengganggu. Panas matahari pun bisa sangat terik jika atap ini berlubang. Oleh karena itu, segera perbaiki atap asbes Anda agar Anda bisa berlindung dengan nyaman dan aman.

Demikian ulasan tentang bahaya atap asbes yang mengancam keluarga Anda jika atap ini rusak. Oleh karena itu, sekali lagi segera lakukan perbaikan atap yang mengalami kerusakan atau berlubang. Jangan lupa, tutupi aspes dengan terpal agar Anda dan keluarga terhindar dari paparan cuaca. Selain itu, memberi batasan antara asbes dengan ruangan juga bisa menjadi cara jitu menjaga kesehatan. Semoga ulasannya bermanfaat.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label